0

Web MentariNews.com --
Kuala Lumpur (13/03), Tidak salah, Wonderful Indonesia menguasai MATTA Fair 2016 di Kuala Lumpur. Di hari pertama, Jumat (11/3), tiket seharga 4 Ringgit Malaysia ludes dibeli sekitar 40 ribu pengunjung. Pameran industri pariwisata di Putra World Trade Centre (PWTC) langsung menyedot perhatian masyarakat Malaysia "Ini baru hari pertama. Belum akhir pekan. Masyarakat Malaysia memang haus liburan.

Sekarang ini mereka sedang mempersiapkan liburan sekolah akhir Maret nanti. Di sini, libur sekolah Maret durasinya dua minggu. Ini peluang besar untuk memasarkan destinasi wisata Indonesia,” kata Rizky Handayani, Asisten Deputi Pengembangan Pasar ASEA Kementerian Pariwisata, Jumat (11/3). Bagi Kiki, sapaan akrab Rizky, industri pariwisata Malaysia terus hidup, eksis, dan berkembang pesat. Gambarannya terlihat di MATA Fair 2016. Ribuan stan dalam dan luar Malaysia ikut serta dalam menjaring wisatawan di pasar turisme paling akbar di Negeri Jiran itu. Dan Indonesia tentu tak mau ketinggalan. Di bawah brand Wonderful Indonesia, 50 industri pariwisata yang terdiri dari hotel, DMO dan atraksi ikut diboyong ke Malaysia.

Sebanyak 20 agen lokal Malaysia terlibat. Mereka diberi misi menjual paket wisata ke Indonesia. “Wonderful Indonesia jadi sponsor di acara ini. Booth-nya paling besar dan paling lengkap, di antara travel fair lain,” tambah Rizky. Booth Wonderful Indonesia yang terpampang memanjang di Hall 3, nomor 3224–3243 dan 3244–3259 tak pernah sepi. Boothnya paling ramai dibanding peserta pameran lain. Beragam promosi wisata ada di sana. Dari business to community (B to C), pelayanan informasi pariwisata, atraksi budaya, coffee corner, umbrella painting, spa corner, photo seasons, gift redemption, hingga games, semua ada. Kegigihan Indonesia itu ternyata dianggap seksi oleh media Malaysia. Dalam konfrensi pers, puluhan media Malaysia tak pernah berhenti menghujani Rizky dengan banyak pertanyaan seputar destinasi wisata unggulan di Indonesia. Ada The China Press Berhad, Travel Trade Asia, Regent Media, Star, RNB TV, RTM TV dan Oriental Daily News yang terlihat antusias.

Semua tersedia. Bahkan artis yang punya banyak fans seperti Cakra Khan, menghibur pengunjung MATTA Fair, Sabtu (12/3). “Malaysia adalah pasar potensial, pasar utama, nomor dua terbesar setelah Singapore. Malaysia punya kedekatan geografis dan budayanya. Ada penerbangan langsung dan kelak bisa ditambah lagi. Karena semua lini akan kita eksplorasi,” kata Menpar Arief Yahya yang terus memantau perkembangan MATTA Fair. Karena itu, Arief Yahya juga memantau aksi menggaet pasar cross border di daerah-daerah perbatasan. Baik Indonesia Malaysia di Borneo, Atambua dengan Timor Leste, maupun Papua dengan PNG. “Pasar high end juga digarap, pasar medium juga disentuh, dan pasar bawah juga dicari, karena akan mendrive ekonomi masyarakat,” kata Arief Yahya. (wmn/lp)

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan karena Tulisanmu Harimaumu. Komentar Sobat adalah Pendapat Pribadi, tidak mewakili Pendapat Redaksi Website Mentari News (WMN). Komentar yang mewakili redaksi Website Mentari News hanya melalui akun Mentari News. Selamat Berkomentar Sobat.. Salam Indonesia Berkemajuan.

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top