0
WMN 2015 -- Seorang muslim punya kelebihan dibandingkan orang lain, selain iman yang mantap, keluasan ilmu juga punya kebijaksanaan dalam memahami dan menyelesaikan masalah, inilah yang dicontohkan oleh Rasulullah melalui dakwah yang beliau lakukan

Bahkan hal itu juga digambarkan oleh Allah dalam firman-Nya:  
ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”.[An Nahl 16;125].
Hikmah diartikan dengan bijaksana, ibarat menarik rambut dari tepung, sangat hati-hati sekali sehingga rambut tidak putus dan tepung tidak terserak. Anas bin Malik menceritakan bahwa ketika mereka sedang berada di masjid bersama Rasulullah, tiba-tiba muncul seorang Badui yang langsung kencing di masjid. Para sahabat berteriak,”Apa-apaan ini”. Akan tetapi Rasulullah saw, bersabda,”Jangan ganggu dia, biarkan dia.”. akhirnya mereka membiarkannya hingga orang itu selesai. Selanjutnya Rasulullah memanggilnya dan bersabda,”Masjid itu tidak boleh dikencingi atau dikotori.Masjid hanya untuk berzikir kepada Allah, shalat dan membaca Al Qur’an.” Setelah itu beliau menyuruh salah seorang sahabat untuk mengambilkan seember air dan menyiramkannya ke bekas keincing orang tadi” [HR. Muslim].

Di sini kita lihat betapa Rasulullah saw memahami ke-badui-an lelaki itu dan memahami kondisi kehidupannya. Beliau mengajari para sahabat bahwa mengatasi masalah itu sangat mudah di sebuah masjid yang hanya berlantai tanah berpasir, yaitu dengan cara menyiramnya dengan air. Selanjutnya beliau mengingatkan mereka kepada tabiat risalah/misi mereka yang dibebankan Allah untuk mereka sampaikan kepada seluruh umat manusia, yaitu mempermudah dan tidak mempersulit.

Selesai lelaki itu membuang hajatnya, Rasulullah memperkenalkan islam kepadanya, menjelaskan fungsi masjid dan menjaga kebersihan di masjid, akhirnya lelaki itu menyatakan dirinya masuk islam, kemudian berdoa, karena senangnya diperlakukan secara bijaksana sehingga doanya berbunyi,”Ya Allah, masukkanlah aku dan Muhammad ke dalam surga-Mu, yang marah-marah tadi jangan.”

Betapa indahnya sikap Rasulullah saw berhadapan dengan orang-orang kafir yang memusuhi beliau dan islam, walaupun mereka menampakkan permusuhan dan perlakuan yang tidak baik tapi beliau membalasnya dengan baik dan bijaksana. 

Lihatlah kisah ketika memasuki kota Mekkah, seorang tokoh Quraisy yang bernama Abu Sufyan luar biasa takutnya mendengar kedatangan Rasul sehingga ada keinginannya untuk lari dari Mekkah karena khawatir nabi Muhammad saw akan membalas perlakuan mereka selama ini, tapi dengan bijaksana Rasul menempatkan Abu Sufyan pada posisi yang tidak disangka-sangkanya : “Siapa yang masuk rumah Abu Sufyan dan yang masuk Masjidil Haram maka ia selamat”.

Sikap bijaksana walaupun merupakan fithrah manusia tapi tanpa dilatih, dibimbing dan dibiasakan maka sifat itu tidak akan muncul lagi pada manusia bahkan sebaliknya sifat bijaksana akan terkubur bersama watak-watak lainnya, yang muncul adalah sifat negative yang mengiringinya.

Berikut ini adalah kiat sukses memelihara dan menumbuhkan sifat bijaksana:
1. Menyadari bahwa perbuatan zhalim akan kembali kepada pelakunya di dunia ini, tidak menunggu balasan di akhirat. 
بَابَان مُعَجَّلاَنِ عُقُوْبَتُهُمَا فِي الدُّنْيَا : اَلْبَغِي وَاْلعُقُوْقُ “ 
“Dua perbuatan yang disegerakan siksanya di dunia ini adalah berbuat zhalim (al-Baghyu) dan mendurhakai orang tua (‘uququl walidaini).” (al-Hadits).

2. Menyadari betapa mahalnya karunia kehidupan yang dianugerahkan kepada kita sehingga bisa menikmati berbagai fasilitas kehidupan adalah atas kebijaksanaan Allah SWT.
كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْيَاكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
“Mengapa kamu kafir kepada Allah, Padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?.” (Al Baqarah (2) : 28).
3. Mensyukuri karunia dan kebijaksanan-Nya menjadikan kita makhluk yang paling mulia/terhormat dibandingkan dengan makhluk yang lain. Sehingga ia akan memuliakan dirinya dan menghormati orang lain.
وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلا
“Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan [untuk mencari kehidupan], Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (Al Isra (17) : 70).
لَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (At Tin (95) : 4).
4. Menghayati kebijaksanan-Nya, alangkah mahalnya karunia akal yang berfungsi untuk memahami ayat-ayat-Nya yang berupa diri sendiri, ayat Al-Quran dan ayat yang digelar di alam semesta. Betapa sedihnya jika sudah diberi karunia hidup, tetapi bukan manusia, dan manusia tetapi akalnya mengalami disfungsi. Manusia yang tidak menggunakan akal pikirannya lebih rendah derajatnya daripada binatang ternak.
وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالإنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالأنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ
“Dan Sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai.” (Al Araf (7) : 179).
5. Menyadari keadilan-Nya, betapa karunia Islam merupakan nikmat yang paling mahal dalam kehidupan. Dengannya ruhaninya akan ditumbuh kembangkan secara maksimal.
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ
“Pada hari ini telah KU- sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. “(Al Maidah (5) : 3).
Dahulu para sahabat sangat bangga menjadi muslim. Mereka mengatakan, ”Ayahku adalah Islam. Tiada lagi yang aku banggakan selain Islam. Apabila orang bangga dengan suku, bangsa, kelompok, marga, perkumpulan, paham mereka, tapi aku bangga nasabku adalah Islam”. Suatu ketika Salman Al-Farisi radhiyallahu anhu ditanya, ”Keturunan siapa Kamu ?” Salman yang membanggakan keislamannya, tidak mengatakan dirinya keturunan Persia, tapi ia mengatakan dengan lantang, ”Saya putera Islam.” inilah sebabnya Rasulullah saw mendeklarasikan bahwa, ”Salman adalah bagian dari keluarga kami –ahlul bait-, bagian dari keluarga Muhammad saw.”
6. Menyadari atas kebijaksanaan-Nya, bahwa orang beriman itu bagian dari keluarga besar kaum muslimin di seluruh dunia. Sehingga akan memiliki kebanggaan korps, berdasarkan keyakinan dan keimanan bukan ikatan yang bersifat lahiriyah yang semu. Dari sini akan memperoleh pelajaran yang amat mahal, ukhuwwah islamiyah. 
Sebuah persaudaran melebihi dari ikatan nasab.
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
“Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Al-Hujurat (49) : 10).
7. Bercermin pada sikap keadilan dan kebijaksanaan para pendahulu kita yang shalih.
“Kebenaran Islam berada pada lisan Umar bin Khathab.” (al-Hadits)
8. Menyadari kehadiran kitab suci, atas rahmat dan kebijaksanaan-Nya
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلا خَسَارًا
“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (Al Isra (17) : 82).
9. Menyadari terutusnya Rasulullah SAW adalah semata-mata kebijaksanaan-Nya.
هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الأمِّيِّينَ رَسُولا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلالٍ مُبِينٍ
“Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka kitab dan Hikmah (As Sunnah). dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (Al Jumuah (62) : 2).
10. Menyadari penciptaan manusia, bumi dan seisinya dengan kebijaksanaan, bukan sekedar permainan.
أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لا تُرْجَعُونَ فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ لا إِلَهَ إِلا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ
“Maka Apakah kamu mengira, bahwa Sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada kami ? Maka Maha Tinggi Allah, raja yang sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (yang mempunyai) ‘Arsy yang mulia.” (Al-Mukminun (23) : 115-116).

Penulis:
H. Untung Santosa 
(Wakil Ketua PDM Gunungkidul)

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan karena Tulisanmu Harimaumu. Komentar Sobat adalah Pendapat Pribadi, tidak mewakili Pendapat Redaksi Website Mentari News (WMN). Komentar yang mewakili redaksi Website Mentari News hanya melalui akun Mentari News. Selamat Berkomentar Sobat.. Salam Indonesia Berkemajuan.

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top